18 Karakter Bangsa Indonesia

Diposting oleh Chomei Kanagaki pada 06:00, 11-Apr-12 • Di: Pendidikan

18-karakter-bangsa-indone.jpg
18 Karakter Bangsa Indonesia
1. Religius : Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan selalu hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

2. Jujur : Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan.
3. Toleransi : Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin : Tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5. Kerja Keras : Perilaku yang menunjukan upaya sungguh- sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6. Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
7. Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas- tugas.
8. Demokratis : Cara berpikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9. Rasa Ingin Tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.
10. Semangat Kebangsaan : Cara berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompoknya.
11. Cinta Tanah Air : Cara berpikir, bersikap dan berbuat yang menunjukan rasa kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12. Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13. Bersahabat/ Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14. Cinta Damai : Sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15. Gemar membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli Lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya- upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17. Peduli Sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. Tanggung-Jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

56 tanggapan untuk "18 Karakter Bangsa Indonesia"

TUYULLL pada 06:00, 11-Apr-12

nice info bret. Oke kunbalnya di tunggu.

Danang pada 06:03, 11-Apr-12

mrgreen

Ihya 'Roach' Sanderson pada 06:12, 11-Apr-12

Benar itu gan, harus ditanamkan

d4!d0 'ELBARCA' >>>Phreaker' '8090R<<< pada 06:15, 11-Apr-12

kunjungan pagi sob,

mantaab,

sukses buat blognya

Blogmwb pada 06:26, 11-Apr-12

Pagi2 ngebaca postingan m.u brada... Enak bnget.
http://www.wapmu.yn.lt
http://www.blogmwb.pun.bz

Ali new'version pada 06:54, 11-Apr-12

Keren infonya mas chomei.

Request mas chomei kata2x romantis

Enda Shyboy  pada 07:02, 11-Apr-12

mantappp gan...

WormTail™ | AndikaPermanaNugraha pada 07:10, 11-Apr-12

menurut aq sifat diatas hanya sbgian kecil mayoritas qta aja. .

Asep Rio Putra pada 07:19, 11-Apr-12

Mantap :p

Mazaziz pada 07:22, 11-Apr-12

sip kawan

Choyz16™ pada 07:25, 11-Apr-12

Akhir2 ini postingan om chomei, bermutu bngt.

Panor4ma™ pada 07:32, 11-Apr-12

hdir sob mrgreen

iduns pada 07:44, 11-Apr-12

kunjungan pagi mas chomei !

Pisces Official Blog® pada 07:45, 11-Apr-12

mantap bos.....
Maaf baru bisa hadir cuz dunia nyata yang menghimpit jadi nggak ada waktu wat blogwalking..
http://piisces.mywapblog.com

Đħέάmirά_ pada 08:01, 11-Apr-12

sbnernya km folbek ga si tiap q update ga ada..hm u sucks!!

Alex Sevenfold pada 08:04, 11-Apr-12

nyimak aja sob ᒼ

Dendri pada 08:21, 11-Apr-12

hadir kawan
Tapi sekrng indonesia sudah tidak seperti yg 18 ituh.. sad
sukses slalu

HeRmAn™SisX ⡢⠃ pada 08:35, 11-Apr-12

absen pagi master

Indra Sc pada 09:59, 11-Apr-12

mantab sob..
Lanjut 8)

Lani_izzy pada 10:28, 11-Apr-12

Itu cuma beberapa sifat bsa dbanggakan..msh banyak sifat2 yg bsa membuat indonesia malu karenanya..

Chomei Kanagaki pada 10:38, 11-Apr-12

ini adalah 18 karakterbangsa yg sekarang di gembor gemborkan dari mulai SD s/d SMU . Karakter di atas harus ada dalam tiap mata pelajaran.
ini sbg salah satu usaha mengurangi krisis moral belakangan ini

Hervox pada 10:40, 11-Apr-12

nyimak sob..jngan lupa kunbal

[M]}Habib{[F] pada 10:53, 11-Apr-12

maaf telat om biggrin

balax-6 pada 11:44, 11-Apr-12

Yang ke-19 sifat korupsi biggrin

Andik pada 12:03, 11-Apr-12

Bnr.
mantap nih kang.

http://andikarpan.pun.bz

Raiz17 pada 13:25, 11-Apr-12

manteb kang

DJemz Corp™ pada 14:11, 11-Apr-12

mantap

Putra Petung pada 14:22, 11-Apr-12

hadir sob, smile makin mantep aja ini blog smile
ditunggu kedatangan'nya di gubuk ane sob biggrin

Surya Kunta pada 15:29, 11-Apr-12

benarkah karakter kita sekarang seperti itu? eek

Ai-Dista pada 15:33, 11-Apr-12

Nice info mas brow,,,

Sandi Triyanto pada 17:08, 11-Apr-12

mantap

Imant pada 17:51, 11-Apr-12

hadir gan. . .kunbal ya. . 8)

Riocy Kaito Kid pada 20:50, 11-Apr-12

mantab sob biggrin

»»--•-(¯`·VasvhA·´¯)-•--«« pada 21:04, 11-Apr-12

nyimak aja sob..
Mau lanjut posting nìh.. D tgu kunbal ke blog ane ya sob.!

Andrean pada 21:41, 11-Apr-12

nyimak aja gan,,,

kunbal yoe

andregalau.mywapblog.com/tema-hot-japan.xhtml

Andi.shalim pada 22:07, 11-Apr-12

Mantap bro.Mau uang Gratis kawan masuk sini http://yield2me.com/-63015.htm,thanks bro

Aji pada 22:09, 11-Apr-12

hadir kawan di tnggu kunjungan bleknyasmile

© » Naruegy « ® pada 22:39, 11-Apr-12

mantap ka meismile

Sisie3C pada 23:32, 11-Apr-12

hihi.. 18 karakter BANGSA Indonesia, mungkin berbeda dgn 18 karakter ORANG Indonesia..mrgreen

GLinding_76 pada 02:24, 12-Apr-12

18 Karakter Bangsa Indonesia

Teng infonya kang,..

Dj_SyARif pada 04:40, 12-Apr-12

Mantap sobbiggrin Nice post,,,...

Ryand Blends Anime™ pada 06:26, 12-Apr-12

kunjungan pagi sob..
jadi pengen. . smile

Ryand Blends Anime™ pada 06:27, 12-Apr-12

kunjungan pagi sob..
jadi pengen. . smile

Dewi pada 09:40, 12-Apr-12

mybe yes mybe no mrgreen

indrathea pada 12:20, 12-Apr-12

nyimak sob. . . . .,jangan lupa kunbal . .
. .smile

Alfian's Albanjary pada 16:04, 12-Apr-12

Selamat sore sob, ikut nyimak mantap, dditunggu kunbal dan foll backnya,,,

NAWANZ~Mancunian~ pada 18:14, 12-Apr-12

thx sob, infonya n met malem aja.

Science pada 18:22, 12-Apr-12

sob nyimak aja yh…
http://ex-sains.blogspot.com

Iffay Burgerdoublecheese  pada 18:39, 12-Apr-12

mantap gan.. biggrin maaf telat... Ditunggu kunjungan baliknya gan.. smile thanks...

By : http://iffayquiqleey.mywapblog.com

Rahmat pada 18:50, 12-Apr-12

kunjungan mlm sob. Nice post kmu. . . Lw brkenan berkunjung Ya k blog Ane?

Achmad pada 19:35, 12-Apr-12

alhamdulillah,smua karakter2 baik tsb ada pada diriku...alhamdulillah ya...wink

tp gak sesuatu biggrin

klau kwan brkenan knjungilah blog saya...

http://skaterz.mywapblog.com

Neotrik pada 20:10, 12-Apr-12

nice info sob.. biggrin

wong kito galo pada 21:17, 12-Apr-12

apa kbr pak rteek..
kyk nya makin sukses nih..
hehe

Isep pada 05:59, 13-Apr-12

sip ! I love indonesia.

http://kangsep.heck.in

Radenarya pada 06:39, 13-Apr-12

tp synk nya 18 karakter b.indo tu tinggal semboyan doank.. gmna g? lawong pejabat nya ajah kyk tikus mrgreen

Si Unyil pada 08:35, 16-Nov-12

Kenapa sih yang nomor satu selalu temanya religius, bullshit banget religi / agama bisa membuat orang jadi lebih baik, yang ada juga saling memecah. Menurut gue bicara ke-Tuhan-an tidak harus bicara agama, tolong diluruskan. Banyak orang yang ber-Tuhan namun tidak beragama, bahkan perilakunya lebih baik daripada orang yang beragama. Sila pertama dalam Pancasila sudah tepat banget "Ketuhanan Yang Maha Esa", jadi lebih bicara spirit daripada religi / agama yang terlalu mengatur sistem namun selalu bertentangan dengan hati nurani.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar