18 Karakter Bangsa Indonesia

Posted by Chomei Kanagaki on 06:00 AM, 11-Apr-12 • Under: Pendidikan

18-karakter-bangsa-indone.jpg
18 Karakter Bangsa Indonesia
1. Religius : Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan selalu hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

2. Jujur : Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan.
3. Toleransi : Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin : Tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5. Kerja Keras : Perilaku yang menunjukan upaya sungguh- sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6. Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
7. Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas- tugas.
8. Demokratis : Cara berpikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9. Rasa Ingin Tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.
10. Semangat Kebangsaan : Cara berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompoknya.
11. Cinta Tanah Air : Cara berpikir, bersikap dan berbuat yang menunjukan rasa kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12. Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13. Bersahabat/ Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14. Cinta Damai : Sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15. Gemar membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli Lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya- upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17. Peduli Sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. Tanggung-Jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

56 responses to "18 Karakter Bangsa Indonesia"

TUYULLL [06:00 AM, 11-Apr-12]

nice info bret. Oke kunbalnya di tunggu.

Danang [06:03 AM, 11-Apr-12]

mrgreen

Ihya 'Roach' Sanderson [06:12 AM, 11-Apr-12]

Benar itu gan, harus ditanamkan

d4!d0 'ELBARCA' >>>Phreaker' '8090R<<< [06:15 AM, 11-Apr-12]

kunjungan pagi sob,

mantaab,

sukses buat blognya

Blogmwb [06:26 AM, 11-Apr-12]

Pagi2 ngebaca postingan m.u brada... Enak bnget.
http://www.wapmu.yn.lt
http://www.blogmwb.pun.bz

Ali new'version [06:54 AM, 11-Apr-12]

Keren infonya mas chomei.

Request mas chomei kata2x romantis

Enda Shyboy  [07:02 AM, 11-Apr-12]

mantappp gan...

WormTail™ | AndikaPermanaNugraha [07:10 AM, 11-Apr-12]

menurut aq sifat diatas hanya sbgian kecil mayoritas qta aja. .

Asep Rio Putra [07:19 AM, 11-Apr-12]

Mantap :p

Mazaziz [07:22 AM, 11-Apr-12]

sip kawan

Choyz16™ [07:25 AM, 11-Apr-12]

Akhir2 ini postingan om chomei, bermutu bngt.

Panor4ma™ [07:32 AM, 11-Apr-12]

hdir sob mrgreen

iduns [07:44 AM, 11-Apr-12]

kunjungan pagi mas chomei !

Pisces Official Blog® [07:45 AM, 11-Apr-12]

mantap bos.....
Maaf baru bisa hadir cuz dunia nyata yang menghimpit jadi nggak ada waktu wat blogwalking..
http://piisces.mywapblog.com

Đħέάmirά_ [08:01 AM, 11-Apr-12]

sbnernya km folbek ga si tiap q update ga ada..hm u sucks!!

Alex Sevenfold [08:04 AM, 11-Apr-12]

nyimak aja sob ᒼ

Dendri [08:21 AM, 11-Apr-12]

hadir kawan
Tapi sekrng indonesia sudah tidak seperti yg 18 ituh.. sad
sukses slalu

HeRmAn™SisX ⡢⠃ [08:35 AM, 11-Apr-12]

absen pagi master

Indra Sc [09:59 AM, 11-Apr-12]

mantab sob..
Lanjut 8)

Lani_izzy [10:28 AM, 11-Apr-12]

Itu cuma beberapa sifat bsa dbanggakan..msh banyak sifat2 yg bsa membuat indonesia malu karenanya..

Chomei Kanagaki [10:38 AM, 11-Apr-12]

ini adalah 18 karakterbangsa yg sekarang di gembor gemborkan dari mulai SD s/d SMU . Karakter di atas harus ada dalam tiap mata pelajaran.
ini sbg salah satu usaha mengurangi krisis moral belakangan ini

Hervox [10:40 AM, 11-Apr-12]

nyimak sob..jngan lupa kunbal

[M]}Habib{[F] [10:53 AM, 11-Apr-12]

maaf telat om biggrin

balax-6 [11:44 AM, 11-Apr-12]

Yang ke-19 sifat korupsi biggrin

Andik [12:03 PM, 11-Apr-12]

Bnr.
mantap nih kang.

http://andikarpan.pun.bz

Raiz17 [01:25 PM, 11-Apr-12]

manteb kang

DJemz Corp™ [02:11 PM, 11-Apr-12]

mantap

Putra Petung [02:22 PM, 11-Apr-12]

hadir sob, smile makin mantep aja ini blog smile
ditunggu kedatangan'nya di gubuk ane sob biggrin

Surya Kunta [03:29 PM, 11-Apr-12]

benarkah karakter kita sekarang seperti itu? eek

Ai-Dista [03:33 PM, 11-Apr-12]

Nice info mas brow,,,

Sandi Triyanto [05:08 PM, 11-Apr-12]

mantap

Imant [05:51 PM, 11-Apr-12]

hadir gan. . .kunbal ya. . 8)

Riocy Kaito Kid [08:50 PM, 11-Apr-12]

mantab sob biggrin

»»--•-(¯`·VasvhA·´¯)-•--«« [09:04 PM, 11-Apr-12]

nyimak aja sob..
Mau lanjut posting nìh.. D tgu kunbal ke blog ane ya sob.!

Andrean [09:41 PM, 11-Apr-12]

nyimak aja gan,,,

kunbal yoe

andregalau.mywapblog.com/tema-hot-japan.xhtml

Andi.shalim [10:07 PM, 11-Apr-12]

Mantap bro.Mau uang Gratis kawan masuk sini http://yield2me.com/-63015.htm,thanks bro

Aji [10:09 PM, 11-Apr-12]

hadir kawan di tnggu kunjungan bleknyasmile

© » Naruegy « ® [10:39 PM, 11-Apr-12]

mantap ka meismile

Sisie3C [11:32 PM, 11-Apr-12]

hihi.. 18 karakter BANGSA Indonesia, mungkin berbeda dgn 18 karakter ORANG Indonesia..mrgreen

GLinding_76 [02:24 AM, 12-Apr-12]

18 Karakter Bangsa Indonesia

Teng infonya kang,..

Dj_SyARif [04:40 AM, 12-Apr-12]

Mantap sobbiggrin Nice post,,,...

Ryand Blends Anime™ [06:26 AM, 12-Apr-12]

kunjungan pagi sob..
jadi pengen. . smile

Ryand Blends Anime™ [06:27 AM, 12-Apr-12]

kunjungan pagi sob..
jadi pengen. . smile

Dewi [09:40 AM, 12-Apr-12]

mybe yes mybe no mrgreen

indrathea [12:20 PM, 12-Apr-12]

nyimak sob. . . . .,jangan lupa kunbal . .
. .smile

Alfian's Albanjary [04:04 PM, 12-Apr-12]

Selamat sore sob, ikut nyimak mantap, dditunggu kunbal dan foll backnya,,,

NAWANZ~Mancunian~ [06:14 PM, 12-Apr-12]

thx sob, infonya n met malem aja.

Science [06:22 PM, 12-Apr-12]

sob nyimak aja yh…
http://ex-sains.blogspot.com

Iffay Burgerdoublecheese  [06:39 PM, 12-Apr-12]

mantap gan.. biggrin maaf telat... Ditunggu kunjungan baliknya gan.. smile thanks...

By : http://iffayquiqleey.mywapblog.com

Rahmat [06:50 PM, 12-Apr-12]

kunjungan mlm sob. Nice post kmu. . . Lw brkenan berkunjung Ya k blog Ane?

Achmad [07:35 PM, 12-Apr-12]

alhamdulillah,smua karakter2 baik tsb ada pada diriku...alhamdulillah ya...wink

tp gak sesuatu biggrin

klau kwan brkenan knjungilah blog saya...

http://skaterz.mywapblog.com

Neotrik [08:10 PM, 12-Apr-12]

nice info sob.. biggrin

wong kito galo [09:17 PM, 12-Apr-12]

apa kbr pak rteek..
kyk nya makin sukses nih..
hehe

Isep [05:59 AM, 13-Apr-12]

sip ! I love indonesia.

http://kangsep.heck.in

Radenarya [06:39 AM, 13-Apr-12]

tp synk nya 18 karakter b.indo tu tinggal semboyan doank.. gmna g? lawong pejabat nya ajah kyk tikus mrgreen

Si Unyil [08:35 AM, 16-Nov-12]

Kenapa sih yang nomor satu selalu temanya religius, bullshit banget religi / agama bisa membuat orang jadi lebih baik, yang ada juga saling memecah. Menurut gue bicara ke-Tuhan-an tidak harus bicara agama, tolong diluruskan. Banyak orang yang ber-Tuhan namun tidak beragama, bahkan perilakunya lebih baik daripada orang yang beragama. Sila pertama dalam Pancasila sudah tepat banget "Ketuhanan Yang Maha Esa", jadi lebih bicara spirit daripada religi / agama yang terlalu mengatur sistem namun selalu bertentangan dengan hati nurani.

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images